Lulusan Program Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang harus memiliki pengetahuan teoretis dan praktis tentang komunikasi serta sikap dan perilaku yang jujur, benar, berintegritas, dan berbudaya. Mereka juga harus dapat mengelola bisnis secara profesional, termasuk jurnalistik, kehumasan, dan penyiaran, dengan penuh rasa tanggung jawab. Adapun profil lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSIKA antara lain:
Profil
Lulusan (PL) |
Deskripsi
Profil Lulusan |
Praktisi, Konsultan, Staf/ Koordinator dalam Bidang Public Relations |
Sarjana Ilmu Komunikasi dengan kemampuan
merancang dan melaksanakan kegiatan public relations pemerintahan, organisasi ataupun
perusahaan serta kemampuan memproyeksikan resiko dan
krisis serta mengelola reputasi organisasi dan
mengevaluasi program public relations. |
Komunikator/Fasilitator
dalam Pemberdayaan Masayarakat |
Sarjana Ilmu Komunikasi dengan
kemampuan memberdayakan masyarakat melalui inovasi-inovasi yang bisa menjawab
isu-isu sosial dalam kehidupan bermasyarakat, status sebagai
komunikator/fasilitator bisa meliputi PNS, organisasi non-profit atau
sukarela. |
Profesional
Produksi Program Bidang TV dan Radio, dan Media Analis |
Sarjana Ilmu Komunikasi dengan
kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi serta mengkaji
program produksi TV dan Radio. |
Jurnalis
Media Cetak, Media Elektronik dan Media Online |
Sarjana Ilmu Komunikasi dengan
kemampuan merancang, mengelola kegiatan jurnalistik dalam berbagai platform
(cetak, elektronik dan online). |
Profesional
Media Sosial (Youtuber, Blogger, Vlogger, Selebgram) |
Sarjana Ilmu Komunikasi dengan
kemampuan memanfaatkan media sosial secara profesional. |
Entrepreneur
(rumah produksi, media online, pengusaha UMKM) |
Sarjana Ilmu Komunikasi dengan
kemampuan berwirausaha di bidang produksi audio visual, industri kreatif,
dsb. |
Asisten Peneliti
Dalam Bidang Ilmu
Komunikasi |
Sarjana Ilmu Komunkasi dengan
kemampuan melaksanakan
penelitian dengan
menggunakan menggunakan
metode penelitian
kuantitatif
maupun kualitatif
dalam berbagai realitas sosial dan
kepentingan
industri. |